Pengetahuan Ban
Perbedaan ban bias dan
ban radial
Perbedaan mendasar dari
Ban Bias dan Radial terletak pada susunan benang yang mengikat, berikut
perbedaan detailnya sebagai berikut :
Perbedaan ban bias dan
ban radial
Ban pada dasarnya
diklasifikasikan ke dalam dua struktur sebagai berikut:
Struktur Bias
Ban dengan struktur
bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang
digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag
membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
Struktur Radial
Untuk ban radial,
konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling
lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah
radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung
dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan
"Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita
sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada
kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance"
yang kecil.
Selain itu terdapat lagi jenis ban di lihat
dari penggunaan ban dalam maupun tanpa menggunakan ban dalam
Kelebihan dan
kekurangan ban dengan ban dalam (Tube type)
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Lebih
murah daripada ban tubeless
|
Kurang
praktis dalam pemasangan sehinggan merepotkan bila ingin menambal maupun
mengganti ban
|
Udara
lebih lama bertahan (tidak cepat habis)
|
Bila
terkena paku akan langsung habis anginnya sehingga tidak dapat di bawa jalan
ke bengkel
|
Lebih
mudah mendeteksi kebocoran
|
Mudah
meledak
|
Dapat
digunakan untuk pelek yang sudah tidak kedap atau rusak
|
Kurang
nyaman/keras
|
Kelebihan dan
kekurangan ban tanpa ban dalam (Tubeless)
Kelebihan
|
kekurangan
|
Lebih
aman karena udara tidak langsung habis ketika terkena paku
|
Harga
relatif mahal
|
Lebih
praktis dalam pemasangan maupun penambalan
|
Sulit
untuk mendeteksi kebocoran
|
Lebih
nyaman/lembut
|
Bila
pelek ada kerusakan maka ban rentan bocor
|
Beberapa istilah dalam
perbedaan struktur ban
1. Tread adalah bagian telapak ban yang
berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang
dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
2. Breaker dan Belt adalah bagian lapisan
benang ( pada ban biasa terbuat dari tekstil , sedang ban radial terbuat dari
kawat) yang diletakkan diantara tread dan Casing. Berfungsi untuk melindungi
serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh
Casing.
3. Casing adalah lapisan benang pembentuk ban
dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat
menyangga ban.
4. Bead adalah bundelan kawat yang disatukan
oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek.
Tabel Konversi Ply Rating dengan Load Range
PLY
RATING
|
LOAD
RANGE
|
PLY
RATING
|
LOAD
RANGE
|
2
|
A
|
14
|
G
|
4
|
B
|
16
|
H
|
6
|
C
|
18
|
J
|
8
|
D
|
20
|
L
|
10
|
E
|
22
|
M
|
12
|
F
|
24
|
N
|
Tabel Indeks Beban dan
Kapasitas Pembebanan
Tabel indeks beban
adalah kode numerik yang menunjukkan kapasitas maksimum pembebanan pada
kecepatan tertentu, sesuai dengan spesifikasi ban tersebut dalam standar,
sampai dengan kecepatan 210 km/jam, bila melebihi kecepatan 210 km/jam,
kapasitas pembebanan maksimum harus dikurangi sesuai dengan standar yang
berlaku.
INDEKS
BEBAN
|
KG
|
INDEKS
BEBAN
|
KG
|
70
|
335
|
100
|
800
|
71
|
345
|
101
|
825
|
72
|
355
|
102
|
850
|
73
|
365
|
103
|
875
|
74
|
375
|
104
|
900
|
75
|
387
|
105
|
925
|
76
|
400
|
106
|
950
|
77
|
412
|
107
|
975
|
78
|
425
|
108
|
1000
|
79
|
437
|
109
|
1030
|
80
|
450
|
110
|
1060
|
81
|
462
|
111
|
1090
|
82
|
475
|
112
|
1120
|
83
|
487
|
113
|
1150
|
84
|
500
|
114
|
1180
|
85
|
515
|
115
|
1215
|
86
|
530
|
116
|
1250
|
87
|
545
|
117
|
1285
|
88
|
560
|
118
|
1320
|
89
|
580
|
119
|
1360
|
90
|
600
|
120
|
1400
|
91
|
615
|
121
|
1450
|
92
|
630
|
122
|
1500
|
93
|
650
|
123
|
1550
|
94
|
670
|
124
|
1600
|
95
|
690
|
125
|
1700
|
96
|
710
|
126
|
1750
|
97
|
730
|
127
|
1800
|
98
|
750
|
128
|
1850
|
99
|
775
|
129
|
1900
|
Simbol Kecepatan
Simbol kecepatan adalah
simbol (huruf alfabet) yang menunjukan batas maksimum kecepatan sebuah ban yang
dipacu dengan membawa beban yang sesuai dengan spesifikasi yang telah
ditetapkan dalam standar, selama 1 (satu) jam terus menerus.
SIMBOL
KECEPATAN
|
KECEPATAN
(KM/JAM)
|
SIMBOL
KECEPATAN
|
KECEPATAN
(KM/JAM)
|
A1
|
5
|
K
|
110
|
A2
|
10
|
L
|
120
|
A3
|
15
|
M
|
130
|
A4
|
20
|
N
|
140
|
A5
|
25
|
P
|
150
|
A6
|
30
|
Q
|
160
|
A7
|
35
|
R
|
170
|
A8
|
40
|
S
|
180
|
B
|
50
|
T
|
190
|
C
|
60
|
U
|
200
|
D
|
65
|
H
|
210
|
E
|
70
|
V
|
240
|
F
|
80
|
W
|
270
|
G
|
90
|
Y
|
300
|
J
|
100
|
Z
|
OVER
240
|
sumber :
http://www.bridgestone.co.id/tire-information_pengetahuan-ban.html
Komentar
Posting Komentar
menghargai komentar yang bersifat membangun.