Sistem Pneumatik

Sistem pneumatik adalah sistem yang menggunakan udara sebagai media transfer daya maupun menyimpan daya dengan cara dikompresi, prinsip pneumatik adalah menghisap udara dari luar lalu di kompresi dengan bantuan kompresor lalu ditransfer ke piston untuk melakukan suatu usaha.

Sejarah pneumatik
Pneumatik berasal dari bahasa Yunani yang berarti udara atau angin, semua sistem yang menggunakan tenaga yang dalam bentuk udara dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut pneumatik. Dalam penerapannya, sistem pneumatik digunakan sebagai sistem otomastis.

Dalam suatu rangkaian pneumatik, udara diluar dihisap ke dalam kompresor dan mengalami kompresi, sehingga memiliki bentuk energi yang kemudian diubah menjadi gerak mekanik (gerak piston).

Karakteristik udara
Di dalam atmosfer bumi terdapat udara yang tak terbatas jumlahnya, dalam sistem pneumatik udara digunakan menjadi media transfer dan penyimpan daya dengan cara di mampatkan, udara juga termasuk zat fluida karena sifatnya yang selalu mengalir dan bersifat kompresibel (dapat dikempa).

Komponen-komponen pada sistem pneumatik

kompresor berfungsi sebagai penyuplai udara dengan cara menghisap lalu mengkompresikan udara serta menyalurkan udara ke sistem selanjutnya
gambar 1 kompresor

filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke sistem agar terbebas dari debu, kotoran, dan uap air yang banyak terkandung pada udara bebas, alat ini di pasang pada intake kompresor.
gambar 2 filter udara

pressure gauge digunakan untuk memantau tekanan udara yang ada di dalam sistem, tekanan yang berlebihan seperti diatas 9 bar dapat merusak komponen, sebaliknya tekanan yang kurang dapat mengakibatkan tabung/piston kurang maksimal pergerakannya.
gambar 3 presure gauge

selang untuk menyalurkan fluida yang bertekanan ke sistem seperti katup, tabung/piston, time delay, selang ini harus mampu menahan tekanan pneumatik yang cukup besar dan tahan lama. simbol hanya berupa garis :

gambar 4 selang pneumatik

katup 3/2 berfungsi sebagai saklar yaitu untuk mengatur arah aliran fluida terdiri dari tiga katup dua ruang.

gambar 5 katup 3/2

katup 5/2 sama seperti katup 3/2, perbedaan nya terletak pada jumlah katup yang lebih banyak (lima katup, biasanya penggunaan katup 5/2 di bantu dengan dua buah katup 3/2 untuk menggerakkan tabung gerak ganda. 
gambar 6 katup 5/2

katup penunda waktu untuk mengatur /menunda kerja dari silinder.
gambar 7 katup penunda waktu

tabung gerak tunggal berfungsi sebagai elemen penggerak akhir, tabung ini bergerak maju dengan tekanan fluida, lalu kembali lagi bila tekanan fluida hilang, dengan mekanisme pegas di dalamnya.
gambar 8 tabung gerak tunggal

tabung gerak ganda fungsinya mirip dengan tabung gerak tunggal tetapi tabung ini tidak dapat kembali seperti semula, untuk mengembalikan gerak tabung di butuhkan tekanan fluida dari arah berlawanan.

gambar  9 tabung gerak ganda

Karakteristik udara kempa :
 - Udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah
 - Volume udara tidak tetap
 - Udara dapat dikempa
 - Berat jenis udara 1,3kg/m^3
 - udara tidak berwarna

Keuntungan pneumatik :
 - fluida kerja yang mudah didapat
 - dapat disimpan dengan baik
 - bersih, udara yang ada di sekitar cenderung bersih tanpa bahan kimia berbahaya
 - gesekan dapat diabaikan karena viskositas yang kecil
 - penurunan tekanan relatif kecil dibandingkan dengan hidrolik

Kekurangan pneumatik :
 - polusi udara, ini dikarenakan suara yang di timbulkan bising
 - gaya yang ditransfer terbatas
 - dapat terjadi pengembunan
 - mudah terjadi kebocoran, namun sulit untuk dideteksi

Aplikasi pneumatik
sistem pneumatik mempunyai gaya yang terbatas sehingga hanya sanggup untuk pengerjaan yang ringan seperti pengemasan, pengepakan  sehingga pneumatik sering digunakan pada industri makanan, minuman maupun obat-obatan. penerapan lainnya yaitu pada sistem pengereman truk trailer, pintu kereta api dll.

gambar 10 contoh sistem pneumatik

sumber :
Wirawan., Pramono. t.t. Bahan ajar pneumatik-hidrolik. www.Ardianzsite.file.wordpress.com. 14-10-15
Apriyanda, onny. t.t. komponen-komponen sistem pneumatik. www.artikel-teknologi.com. 14-10-15


Komentar

Postingan Populer