Pengertian Mesin Diesel


 Gambar 1 dua jenis mesin diesel
Mungkin banyak diantara teman-teman yang sering mendengar kata direct injection (kebanyakan emblem ini tertempel di mobil-mobil diesel Indonesia). Tahukah apa yang dimaksud direct injection yang sebenarnya?
Ya betul, memang direct injection ini sering dilihat pada mobil-mobil diesel pada umumnya. Namun tahukah anda beberapa mobil bensin juga ada yang menggunakan sistem direct injection ini. Direct injection atau dalam bahasa indonesia artinya injeksi langsung adalah sistem dimana injektor/nozzle diletakan langsung didalam (bagian atas) ruang pembakaran. Sistem direct injection ini biasanya memiliki desain kepala silinder yang berbentuk mahkota untuk meningkatkan turbulensi saat terjadi pembakaran

Sedangkan indirect injection / injeksi tidak langsung adalah kondisi dimana injektor tidak diletakkan didalam ruang bakar seperti direct injection. Namun terdapat satu ruangan lagi dalam ruang bakar tersebut yang disebut swirl chamber. Swirl chamber adalah ruang dimana injektor ditempatkan di kepala silinder / head cylinder, sehingga saat piston melakukan langkah TMA (Titik Mati Atas) sebagian besar udara yang masuk lewat langkah hisap akan masuk ke dalam swirl chamber dan terjadilah pembakaran di swirl chamber tersebut dan menjadi sumber tenaga dalam mesin tersebut.

Memerlukan glowplug
Glowplug
 gambar 2 indikator glowplug

Glowplug atau busi pijar mungkin sedikit asing ditelinga teman-teman dibanding dengan busi pada mesin bensin pada umumnya. Glowplug adalah busi yang khusus dipasang pada mobil diesel. Seperti yang kita ketahui mesin diesel tidak menggunakan busi untuk meledakan campuran bahan bakar dan udara pada combustion chamber, mesin diesel hanya dapat meledakkan campuran bahan bakar lewat kompresi piston yang sangat tinggi tekanannya. Sehingga membutuhkan temperatur yang ideal (tinggi) untuk mesin diesel agar dapat meledakan campuran bahan bakarnya dan menjadi sebuah kesulitan yang cukup berarti untuk menghidupkan mesin diesel yang dingin dan tanpa glowplug karena piston, dinding silinder dan kepala silinder adalah menyerap panas. Sehingga kehadiran glowplug pada mesin diesel sangatlah dibutuhkan.

Glowplug dipasang didalam ruang bakar / combustion chamber. Energi panas yang dihasilkan oleh glowplug didapat dari arus listrik accu yang diteruskan ke glowplug. Baik untuk konstruksi indirect ataupun direct injection, kehadiran glowplug tetap ada. Pada bagian indirect injection, glowplug diletakan didalam pre-chamber. Untuk direct injection, glowplug diletakkan di combustion chamber secara langsung. Lewat arus yang diberikan oleh accu, glowplug akan menghasilkan panas didalam silinder. Sehingga lebih memudahkan mesin bekerja pada suhu kerja idealnya.

Gambar 3 Glowplug

Cara Kerja

Pada mesin diesel jaman dahulu, mesin diesel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghidupkan mesinnya karena saat kunci kontak tidak bisa langsung di geser ke START melainkan terlebih dahulu ke posisi ON dan membiarkan lampu indikator glowplug yang hidup menunggu hingga lampu indikator mati. Baru setelah itu mesin di ijinkan untuk dihidupkan. Menurut Bosch mobil diesel dulu membutuhkan waktu sekitar 21detik dan untuk mesin diesel modern hanya membutuhkan sekitar 6-8detik.

Setelah melewati fase pre-heating glowplug, kembali pada mesin diesel jaman dahulu saat mesin distart glowplug otomatis langsung di non-aktifkan oleh relay. Namun pada mesin diesel modern, biasanya glowplug tetap dihidupkan hingga 180detik, Tujuannya adalah untuk tetap menjaga temperatur mesin tetap pada suhu idealnya agar efisiensi pembakaran tidak turun dan emisi yang dihasilkan juga tetap ideal.

Namun bila mesin memang sudah panas, maka glowplug tidak lagi perlu di aktifkan saat supir ingin menghidupkan mesin Diesel.

Keuntungan dari Direct Injection:

Saat mesin dingin lebih mudah dihidupkan
Lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar
Ruang bakar yang lebih kecil membuat efisiensi panas menjadi lebih baik.

Kerugian dari Direct Injection:

Cederung suara mesin lebih kasar dan bising
Lebih rentan terhadap penyumbatan dalam injektor karena lubang injektor lebih kecil
Output tenaga yang cenderung lebih kecil
Turbulensi kecil pada kecepatan rendah

Keuntungan dari Indirect Injection:

Tingkat turbulen yang tetap tinggi di berbagai putaran mesin
Tidak memerlukan sistem injeksi yang tinggi
Kecil kemungkinan untuk terjadinya penyumbatan pada injektor
Kerugian dari Indirect Injection:

Konsumsi BBM yang kurang efisien dan perpindahan panas yang rendah
Rasio kompresi yang lebih tinggi dibutuhkan saat start
Langkah kerja mesin Direct Injection:

Langkah kerja mesin Diesel direct Injection: 
Gambar 4 direct injection

Langkah kerja mesin Diesel Indirect Injection:
Gambar 5 Indirect injection

Sumber :

Perbedaan direct dan indirect injection. http://willycar.com/2014/06/08/perbedaan-direct-dan-indirect-injection/ . diakses tanggal 18-10-15.


Fungsi glowplug pada mesin diesel. http://willycar.com/2014/05/30/fungsi-glowplug-pada-mesin-diesel/ . diakses tanggal 18-10-15.

Komentar

Postingan Populer