Konsumsi listrik lampu LED berbeda dari masing masing merek dan perbandingan konsumsi listrik lampu
Harga lampu LED sudah terjangkau. Beberapa merek terkenal menawarkan produk cukup murah, khususnya untuk 9W kebawah sudah dibawah 100 ribu. Tetapi ada perbedaan antara seluruh lampu LED yang ada dipasaran. Kami mencoba mengukur beberapa lampu dan membandingkan konsumsi power sebenarnya. Apa benar lampu LED memang hemat listrik. Berapa banyak penghematan daya listrik dari lampu LED. Seberapa besar penghematan listrik antara lampu LED dan Neon CFL.

Tertulis Lumen / Watt adalah cahaya yang dihasilkan dibanding konsumsi watt listrik yang sama.
Perbandingan umur lampu, kekuatan cahaya lampu dan konsumsi power (wikipedia)

         
Lampu Pijar
Halogen
CFL /Neon
LED (Generic)
LED (Philips)
LED (LEDNovation)

Power used (watts)
60
43     
14     
9.5
9.5
9.4

lumens (mean)
860
750
775
800
806
810

lumens/watt
14.3
17.4
55.4
84.2
84.8
86.2
Pemakaian dalam Jam
1,000
1,000
10,000
25,000
15,000
50,000
Umur pemakaian dalam tahun@ 6 jam/hari
0.5
0.5
4.6
>11.4
6.8
>22.8

Comparison based on 6 hours use per day (43,800 hours over 20 yrs)
Dari lampu LED 9 W sampai 4W. Hasilnya cukup menarik, konsumsi listrik lampu LED umumnya tidak banyak berbeda dengan angka label. Bandingkan dengan lampu Neon biasa vs Lampu LED akan terlihat berbeda.

Lampu Neon mengkonsumsi listrik hampir 2 kali lebih banyak walau memberikan tingkat cahaya yang sama dari lampu LED

Untuk mengetahui berapa kekuatan cahaya lampu. Umumnya di setiap lampu diberikan label berapa cahaya yang dihasilkan oleh lampu dalam angka lumen.



Test lampu LED dan Tube CCFL
•        Lampu LED Philips 9W pemakaian 10 bulan
•        Lampu LED Osram 9W baru
•        Lampu LED Osram 6W baru
•        Lampu LED Osram 4W baru
•        Lampu LED Unbrand 7W China pemakaian 10 bulan
•        Lampu Philips CCFL 20W pemakaian 1 tahun+
•        Lampu Panasonic CCFL 18W pemakaian 1 tahun+
•        Lampu Shinyoku CCFL 20W



Ratio label W adalah pemakaian power dari label dengan konsumsi litrik. Semakin besar persentase maka lampu semakin boros. Seperti lampu neon Tube Shinyoku tertulis 20W, tapi mengkonsumsi power sebenarnya 30W AC (150%)
•        Hasil test diatas menunjukan konsumsi listrik lampu LED hampir mendekati label yang tertera dengan ratio 1.1 sampai 1.25. Misalnya lampu LED Osram tertulis label 9W hanya mengkonsumsi 10W listrik

•        Kecuali lampu LED China dengan label 7W mengkonsumsi power diatas 50% dari label yang tertulis. Tetapi lampu LED China tanpa merek ini dirancang berbeda dengan auto voltage. Ketika voltase listrik turun dari 220 sampai ke 100V, lampu tetap menyala. Bentuknya lebih panjang dibanding lampu LED biasa.

•        Lampu tabung Tube neon atau lampu TL sekarang menjadi lampu paling boros listrik dan konsumsi power diatas 40+% atau ratio 1.4 dari label yang tertulis. Bila lampu neon 20W di label, kemungkinan konsumsi listrik sebenarnya 28W atau lebih besar. Masing masing merek berbeda beda dalam konsumsi listrik.
Label Watt lampu LED adalah cahaya kekuatan lampu, bukan konsumsi power pada lampu sebenarnya. Efisien konversi energi dari AC ke DC melalui adaptor AC/DC ikut menentukan berapa besar konsumsi listrik sebenarnya. Masing masing lampu sudah di ukur berapa kekuatan cahaya - Lumen.

Test kekuatan lampu LED apakah sama.
Kemampuan cahaya lampu LED
Kami menguji kembali 2 lampu dengan kapasitas Watt yang sama dari lampu OSRAM LED. Satu model yang diambil sampel pada tahun 2013, dan satu lampu model 2014. Keduanya lampu LED mengunakan label 6W. Tapi keduanya memiliki kekuatan cahaya yang berbeda.
Lampu LED Osram model 2013 lebih terang dibanding model 2014. Karena keduanya berbeda disain dari kedudukan mounting dan difuser (pemecah cahaya).

Lampu model lama mencapai kekuatan 600+ Lux, model baru sekitar 400 Lux. Mengapa jatuhnya cahaya lampu berbeda. Lampu model lama masih memfokus cahaya ke arah bawah, sedangkan lampu model baru mengunakan sudut lebih lebar. Terlihat dari plastik transparan atau difuser (pembias cahaya) berbeda. Demikian difuser dibawah lampu mengunakan bahan berbeda. Osram 6W model 2013 mengunakan bahan plastik sedangkan Osram LED 2014 mengunakan difuser bahan kaca




Dibawah ini hasil test konsumsi listrik dan cahaya yang dihasilkan dari lampu LED
1.       Generic LED 8W
2.       Osram LED 6W 2014
3.       Osram LED 6W 2013
4.       Osram LED 9W 2013
Angka LUX meter adalah kekuatan cahaya pada jatuhnya cahaya ke satu bidang. Pengambilan cahaya pada jarak 80 cm dari sumber lampu. LUX tidak dijadikan ukuran untuk mengetahui kekuatan sebuah lampu. Hanya dijadikan angka patokan ketika cahaya jatuh untuk menerangi bidang tertentu (meter persegi) pada jarak tertentu dari sumber lampu.


 

Kesimpulan dari tes diatas, kualitas cahaya masing masing lampu berbeda beda. Bahkan dengan satu model dari satu merek, produk dijual bisa saja dari tahun ke tahun. Setiap produsen memiliki disain berbeda, entah menganti model lebih baik. Dan teknologi lampu LED dapat berubah.

Untuk konsumen
•        Sebaiknya mencoba setiap lampu yang akan dipakai, seperti kekuatan cahaya 
dari perbedaan Watt lampu LED.

•        Lalu hitung berapa konsumsi  power lampu dengan multimeter. Dan lihat tipe apa yang tepat seperti kekuatan cahaya dan lebih hemat power.

•        Lihat efek cahaya yang diberikan, apakah mencukupi atau terlalu terang. Walau produsen lampu mengatakan cahayanya xxx lumens, tapi belum tentu memiliki cahaya yang sama kuat walau jumlah Emmiter di dalam lampu sama. Alasannya dari produsen, ada yang menginginkan lampu mereka tidak terlalu silau, sehingga cahaya akan lebih redup.

•        Selanjutnya baru tentukan merek, dan Watt yang akan dipakai.

•        Bila ingin membeli lampu selanjutnya, atau satu tahun kedepan. Beli satu sampel dahulu dan periksa ulang apakah disainnya satu merek masih sama atau sudah berubah.

•        Lampu LED Osram memberikan garansi lampu LED sangat baik, selama 3 tahun dari tanggal pembelian di toko online Lampu.com. Bila lampu Osram rusak atau mati tapi label tanggal pembelin masih dalam masa garansi. Tinggal lapor ke tempat pembelian (via email) dan kirim lampu rusak ke perusahaan Osram kembali (informasi garansi bisa dilihat di website lampu.com). Akan diberikan lampu LED sebagai penganti dan biaya pengiriman ditanggung oleh Osram. Osram memberikan keterangan garansi sangat jelas dan sederhana : Setiap pembelian di lampu.com untuk lampu LED (Bohlam dan TL) akan mendapatkan Garansi 3 tahun, dan untuk Lampu Hemat Energi (LHE) dapatkan garansi 2 tahun. (2015)

•        Lampu LED Philips agak repot karena menjual produk via retail atau toko online retail. Memerlukan label untuk garansi 2 tahun, resminya hanya 1 tahun sejak dipakai masuk sebagai garansi yang sah, bukti pembelian dan nomor garansi harus dilaporkan ke kantor Philips Indonesia via Hotline. (2015)

•        Apakah penting garansi lampu LED bagi pembeli. Sangat penting, lampu LED adalah komponen elektronik, bisa saja mengalami masalah cacat produksi. Rata rata sebuah rumah dapat mencapai 10-20 lampu LED yang terpasang.
Berapa penghematan lampu LED

Seberapa besar uang dan penghematan energi dengan lampu LED
Mengunakan 1 lampu CCFL 20W dengan cahaya 1200 lumen, memerlukan power diatas 25W. Bila kebutuhan cahaya tidak terlalu besar bisa diganti dengan 1 lampu 9W LED yang lebih hemat dengan cahaya 600 lumen dan konsumsi power hanya 12W AC. Atau dapat dipasang 2 lampu 9W dengan konsumsi listrik yang sama seperti lambu neon. Jangan lupa lampu TL atau Neon akan menghitam sejalan pemakaian. Nantinya cahaya akan semakin redup bila lampu mulai rusak. Sedangkan lampu LED akan terus menyala sampai bagian LED Emitter terjadi kerusakan.

Khususnya lampu yang menyala lebih lama seperti ruang tamu, lampu depan dan lampu taman, lebih efisien mengunakan lampu LED.
Satu lampu depan akan menyala mulai jam 6 malam - jam 6 pagi atau selama 12 jam setiap hari. Selisih 10W konsumsi listrik dapat dihemat, dihitung dengan 12 jam setara 120Wh/lampu (120W perjam)

Asumsi perhitungan biaya lampu LED
Seandainya sebuah rumah mengunakan 4 lampu neon 20W untuk malam hari (diluar lampu lain seperti lampu kamar)

•        Mengunakan 4 lampu neon 20W di dalam rumah (konsumsi sebenarnya 25W). Mengunakan total listrik 100W perjam dan dikalikan saja 12 jam setiap hari = 1,2Kwh sehari.

•        Bila lampu Neon 20W digantikan dengan LED 6W dengan konsumsi listrik maksimum mengkonsumsi 12W = 48W (4 lampu LED), untuk 4 lampu dirumah = 0,576 kwh sehari. Artinya dengan menganti lampu LED maka pemakaian listrik dapat dihemat separuhnya dibanding lampu Neon.

•        Setidaknya pemborosan 50W atau setengah Kwh yang dipakai perhari dapat dihemat dari pengantian 4 lampu.

•        Bila tarif PLN per 1kWh = Rp.1000 (untuk R1 2200VA) tahun 2013. Setiap hari dapat dihemat Rp.500 dari pengantian ke 4 lampu LED . Penghematan tagihan listrik tersebut kelihatannya kecil. Dalam sebulan hanya dapat dihemat Rp.15.000, tetapi dalam satu tahun mencapai Rp.180.000.

•        Biaya tagihan listrik selama pemakaian 1 tahun dapat menutup biaya pembelian 4 lampu LED bila menganti 4 lampu CCFL / Neon tabung. Jadi tidak perlu menunggu sampai lampu TL (Neon) rusak dan menganti ke lampu LED. Sekarang diganti, 1 tahun biaya pemakaian listrik akan ditutup dari biaya pembelian lampu. Note. Diatas diambil perhitungan dari tarif lama, tahun 2014 tarif dasar listrik tanpa subsidi sudah naik.


 
Berapa Watt lampu LED yang cocok
Untuk ruang kamar dengan ukuran kecil seperti 3x3 meter bisa mengunakan kekuatan 9W untuk satu lampu. Tidak terlalu terang, tapi cukup menyinari bagian kamar. Bila ruang lebih besar disarankan mengunakan lampu diatas 9W. Seperti ruang tamu atau kamar yang lebih besar.
Sedangkan lampu depan dengan mengunakan banyak lampu, misalnya 2 lampu bisa mengunakan 1 lampu dengan kekuatan 10 W atau lebih. Atau mengunakan beberapa lampu dengan kekuatan 6W atau lebih tinggi.
Pancaran cahaya lampu LED berbeda dibanding lampu Neon. Pancaran cahaya lampu LED tidak menyebar seperti lampu Neon, melainkan mengarah ke sudut 180 derajat ke arah bawah.
Hal ini perlu di pertimbangkan hosting dari lampu sendiri.

Menganti lampu CCFL dengan LED tidak akan menghemat pengeluaran biaya listrik cukup besar, tapi dapat mengurangi tagihan listrik. Keuntungan lain dengan lampu LED adalah umurnya yang tahan lama, dan cahaya yang konstan.
Lampu CFL biasa memiliki umur lebih singkat, biasanya tabung akan menghitam akan menurunkan kekuatan cahaya lampu walau konsumsi listriknya tetap. Bila lampu neon CFL mulai rusak, intensitas cahaya akan turun tapi konsumsi listriknya sama. Ingat label pada lampu menunjukan kekuatan lampu seperti lampu 20W menunjukan 1000 Lumen. Tapi tidak menunjukan berapa konsumsi listrik sebenarnya, lampu 20W akan mengkonsumsi listrik lebih tinggi dari label, bisa 25W bahkan lebih.

Data diatas bertujuan untuk memberikan pengetahuan. Lampu LED lebih hemat power dibanding lampu Tube neon CFL. Tetapi test ini bukan mencari merek atau tipe lampu apa yang paling hemat power. Karena hanya mengambil data dari masing masing konsumsi power setiap lampu secara singkat.

Disini tidak menguji intensitas cahaya (lumens) yang diberikan. Karena terbatasnya dana dan alat untuk melakukan pengujian lampu LED lebih lanjut, untuk sementara hanya mengambil dari data konsumsi power listrik yang ada dari masing masing lampu.

Penguna harus menentukan sendiri kualitas daya dan cahaya masing masing lampu LED. Cara paling mudah membeli 2 kekuatan lampu LED berbeda seperti kekuatan 6, 8, 9 atau 10W, lalu dicoba sendiri untuk melihat kekuatan cahaya yang dibutuhkan. Barulah menentukan berapa watt lampu LED yang dibutuhkan untuk penganti lampu neon lama.

Bila anda ingin menganti lampu CCFL yang kurang efisien, lihat label lumen di setiap lampu. Perhatikan cahaya lumen perwatt. Contoh 2 lampu tipe 20Watt CCFL, tetapi kekuatan cahaya kedua lampu berbeda. Ditunjukan dengan 55lumen/W lebih rendah dibanding lampu di sebelahnya 63 lumen/W.

Lampu LED dapat menghemat konsumsi listrik di rumah dan menurunkan tagihan listrik. Walau tidak banyak karena banyak produk elektronik lain yang mengunakan listrik jauh lebih besar. Seperti AC dan kulkas/freezer paling banyak mengunakan listrik, kedua adalah mesin cuci dan motor air umumnya mengunakan power listrik kedua paling besar di rumah.

Sumber :
http://obengplus.com/articles/3794/1/Lampu-LED-vs-lampu-neon-tabung-perbandingan-yang-hemat-listrik.html

http://obengplus.com/articles/3794/2/Lampu-LED-vs-lampu-neon-tabung-perbandingan-yang-hemat-listrik.html

http://obengplus.com/articles/3794/3/Lampu-LED-vs-lampu-neon-tabung-perbandingan-yang-hemat-listrik.html


Komentar

Postingan Populer