Pengertian Mesin
Diesel
Gambar 1 dua jenis mesin diesel
Mungkin banyak
diantara teman-teman yang sering mendengar kata direct injection (kebanyakan
emblem ini tertempel di mobil-mobil diesel Indonesia). Tahukah apa yang
dimaksud direct injection yang sebenarnya?
Ya betul, memang
direct injection ini sering dilihat pada mobil-mobil diesel pada umumnya. Namun
tahukah anda beberapa mobil bensin juga ada yang menggunakan sistem direct
injection ini. Direct injection atau dalam bahasa indonesia artinya injeksi
langsung adalah sistem dimana injektor/nozzle diletakan langsung didalam
(bagian atas) ruang pembakaran. Sistem direct injection ini biasanya memiliki
desain kepala silinder yang berbentuk mahkota untuk meningkatkan turbulensi
saat terjadi pembakaran
Sedangkan indirect
injection / injeksi tidak langsung adalah kondisi dimana injektor tidak
diletakkan didalam ruang bakar seperti direct injection. Namun terdapat satu
ruangan lagi dalam ruang bakar tersebut yang disebut swirl chamber. Swirl
chamber adalah ruang dimana injektor ditempatkan di kepala silinder / head
cylinder, sehingga saat piston melakukan langkah TMA (Titik Mati Atas) sebagian
besar udara yang masuk lewat langkah hisap akan masuk ke dalam swirl chamber
dan terjadilah pembakaran di swirl chamber tersebut dan menjadi sumber tenaga
dalam mesin tersebut.
Memerlukan glowplug
gambar 2 indikator glowplug
Glowplug atau busi
pijar mungkin sedikit asing ditelinga teman-teman dibanding dengan busi pada
mesin bensin pada umumnya. Glowplug adalah busi yang khusus dipasang pada mobil
diesel. Seperti yang kita ketahui mesin diesel tidak menggunakan busi untuk
meledakan campuran bahan bakar dan udara pada combustion chamber, mesin diesel
hanya dapat meledakkan campuran bahan bakar lewat kompresi piston yang sangat
tinggi tekanannya. Sehingga membutuhkan temperatur yang ideal (tinggi) untuk
mesin diesel agar dapat meledakan campuran bahan bakarnya dan menjadi sebuah
kesulitan yang cukup berarti untuk menghidupkan mesin diesel yang dingin dan
tanpa glowplug karena piston, dinding silinder dan kepala silinder adalah
menyerap panas. Sehingga kehadiran glowplug pada mesin diesel sangatlah
dibutuhkan.
Glowplug dipasang
didalam ruang bakar / combustion chamber. Energi panas yang dihasilkan oleh
glowplug didapat dari arus listrik accu yang diteruskan ke glowplug. Baik untuk
konstruksi indirect ataupun direct injection, kehadiran glowplug tetap ada.
Pada bagian indirect injection, glowplug diletakan didalam pre-chamber. Untuk
direct injection, glowplug diletakkan di combustion chamber secara langsung.
Lewat arus yang diberikan oleh accu, glowplug akan menghasilkan panas didalam
silinder. Sehingga lebih memudahkan mesin bekerja pada suhu kerja idealnya.
Gambar 3 Glowplug
Cara Kerja
Pada mesin diesel
jaman dahulu, mesin diesel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghidupkan
mesinnya karena saat kunci kontak tidak bisa langsung di geser ke START
melainkan terlebih dahulu ke posisi ON dan membiarkan lampu indikator glowplug
yang hidup menunggu hingga lampu indikator mati. Baru setelah itu mesin di
ijinkan untuk dihidupkan. Menurut Bosch mobil diesel dulu membutuhkan waktu
sekitar 21detik dan untuk mesin diesel modern hanya membutuhkan sekitar
6-8detik.
Setelah melewati
fase pre-heating glowplug, kembali pada mesin diesel jaman dahulu saat mesin
distart glowplug otomatis langsung di non-aktifkan oleh relay. Namun pada mesin
diesel modern, biasanya glowplug tetap dihidupkan hingga 180detik, Tujuannya
adalah untuk tetap menjaga temperatur mesin tetap pada suhu idealnya agar
efisiensi pembakaran tidak turun dan emisi yang dihasilkan juga tetap ideal.
Namun bila mesin
memang sudah panas, maka glowplug tidak lagi perlu di aktifkan saat supir ingin
menghidupkan mesin Diesel.
Keuntungan dari
Direct Injection:
Saat mesin dingin
lebih mudah dihidupkan
Lebih hemat dalam
pemakaian bahan bakar
Ruang bakar yang
lebih kecil membuat efisiensi panas menjadi lebih baik.
Kerugian dari
Direct Injection:
Cederung suara mesin
lebih kasar dan bising
Lebih rentan
terhadap penyumbatan dalam injektor karena lubang injektor lebih kecil
Output tenaga yang
cenderung lebih kecil
Turbulensi kecil
pada kecepatan rendah
Keuntungan dari
Indirect Injection:
Tingkat turbulen
yang tetap tinggi di berbagai putaran mesin
Tidak memerlukan
sistem injeksi yang tinggi
Kecil kemungkinan
untuk terjadinya penyumbatan pada injektor
Kerugian dari
Indirect Injection:
Konsumsi BBM yang
kurang efisien dan perpindahan panas yang rendah
Rasio kompresi yang
lebih tinggi dibutuhkan saat start
Langkah kerja
mesin Direct Injection:
Langkah kerja mesin Diesel direct Injection:
Gambar 4 direct injection
Langkah kerja
mesin Diesel Indirect Injection:
Gambar 5 Indirect injection
Sumber :
Perbedaan direct dan indirect injection.
http://willycar.com/2014/06/08/perbedaan-direct-dan-indirect-injection/ . diakses tanggal 18-10-15.
Fungsi glowplug pada mesin diesel.
http://willycar.com/2014/05/30/fungsi-glowplug-pada-mesin-diesel/ . diakses tanggal 18-10-15.
Komentar
Posting Komentar
menghargai komentar yang bersifat membangun.